image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

(Sinopsis) : Psikologi Keluarga

 


Ibarat kena sihir, para ahli psikologi sedunia terguncang dan banting setir. Ternyata ilmu Psikologi telah melakukan kesalahan besar dalam sejarahnya. Ilmu Psikologi, terutama Psikologi Perkembangan semenjak awal hanya berkutak-katik pada tokoh ibu dalam perkembangan anak. Freud dan Bowly mati-matian membela pentingnya tokoh ibu dalam perkembangan anak. Kasus Oedipus Complex adalah salah satu legenda bagaimana anak ingin menyatu dengan ibunya.

Tetapi arus balik tak bisa dibendung lagi tatkala tahun 1970-an beberapa ahli psikologi meneliti secara cermat peran ayah dalam keluarga. Pemikiran-pemikiran baru dan bernada revolusioner pun bermunculan. Ternyata ayah adalah tokoh penting dalam perkembangan anak. Mitos lama pun digugat. Perbedaan peran ayah dan ibu dalam mengasuh anak pada masyarakat lampu dan sebagian masyarakat sekarang lebih disebabkan produk pandangan masyarakat daripada faktor biologi. 

Beberapa sub judul yang ada di dalam buku ini antara lain :

  1. Kontroversi peranan ayah
  2. Calon ayah dan ketika istri hamil
  3. Ayah butuh bayi dan bayi butuh ayah
  4. Sosialisasi, perkembangan kepribadian dan peran ayah
  5. Perkembangan intelegensi bayi dan anak
  6. Perceraian dan dampaknya pada anak
  7. Revolusi peran ayah

Buku ini sarat dengan pemikiran baru tentang ayah. Kehadiran ayah pada saat isterinya bersalin dan ketika operasi caesar sangat penting bagi isteri dan perkembangan anak. Dan sejumlah pemikiran menarik lainnya sangat membantu kaum ayah dan calon ayah dalam memahami cara efektif mengasuh anak. Buku ini ditulis oleh Drs. Save M. Dagun.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar