image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

Keren! Ada Cafe dan Toko Ramah Lingkungan di Kota Kotamobagu

  


Semenjak cafe ini resmi dibuka beberapa bulan lalu, saya baru bisa berkunjung. Sebelumnya, saya hanya bisa pesan via ojek online. Alhamdullillah, beberapa minggu yang lalu, bersama anak saya yang nomor dua, akhirnya bisa menikmati suasana dan menu yang disajikan PDP Shop & Food.

Bakso dan Stik Goroho adalah pilihan saya malam itu. Sangat suka bakso yang tersedia di PDP Shop & Food. Kenapa?. Pertama, karena rempahnya pas. Kedua, karena memakai laksa (bukan mi yang biasa dipakai bakso umumnya, dan saya lebih cocok laksa daripada mi). Ketiga, karena bakso di sini terbuat dari ikan tuna. Sebenarnya menu lain yang menjadi pilihan malam itu adalah Tahu Isi Sayur Bakso Tuna, tapi rupanya Dewi Fortuna belum berpihak di saya, it's ok, next time karena saat itu tahu isinya keburu habis. 

Ada banyak ragam menu yang tersaji di PDP Shop & Food  milik Putri Damayanti Potabuga ini. 

Antara lain : 

- Tahu Isi Sayur Bakso Tuna 

- Bakso Tuna Kuah

- Bakso Tuna Frozen

- Bakso Tuna Goreng Mayo

- Makaroni Keju

- Nimbong

- Pansus

- Kopi Kotamobagu Kampung

- Es Batmol

- Soto Ayam PDP

- Sosis Selimut

- Dan lain-lain.

Catatan : Semua menu bisa delivery 

Daftar Menu dan Harga


Akun media sosial dan nomor kontak


Tidak sulit menemukan lokasi PDP Shop & Food, karena letaknya strategis yaitu di Kelurahan Gogagoman. Sobat MS hanya butuh beberapa menit dari Masjid Baitul Makmur menuju arah jalan Passi sebelum SMK Muhammadiyah Kotamobagu. Tepatnya di sebelah kanan, berdampingan dengan Rumah Gaya Bahagia. Dibalut cat berwarna putih dengan style minimalis natural (bangunan terbuat dari material berbahan kayu dipadu hijaunya beberapa tanaman), membuat mata siapapun akan langsung tertuju ketika melewati PDP Shop & Food dari arah jalan raya. Terutama saat malam hari, terlihat unik dihiasi cahaya bohlam yang menggantung romantis.


Alamat PDP Shop & Food

Pansus


Tahu Isi Sayur & Bakso Tuna


Soto Ayam 


Bakso Goreng 

Kopi Susu

Kopi Kampung Kotamobagu, salah satu menu favorit saya


Oh ya, Sobat MS tahu nggak??. Berdasarkan penelitian oleh Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut. Indonesia setiap tahun menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan. 

Sifat sampah plastik tidak mudah hancur, proses pengolahannya menghasilkan toksin dan sifatnya karsinogenik, sehingga butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Sangat mencemari lingkungan, baik di darat maupun laut, bahkan udara jika plastik dibakar.

Nah, berhubung Si Owner adalah aktivis lingkungan juga Direktur Climate Institute dan Founder Inde' Dou Institute , maka jangan heran jika usaha yang dijalankannya sinkron dengan apa yang selama ini giat dilakukannya (tak jauh-jauh dari dunia lingkungan). Ini bukan kali pertama Puput menjual barang ramah lingkungan dan kuliner. Aktivitas ini sudah lama dilakoninya beberapa tahun yang lalu. Belanja di PDP Shop & Food, sangat disarankan untuk membawa wadah sendiri, kenapa?karena menggunakan plastik dikenakan biaya. Ini sebagai bentuk Si Owner memberi edukasi ke masyarakat yang saat ini belum semua paham dan melek tentang lingkungan dan ancaman yang ada di balik sampah plastik. Pun bahan-bahan yang digunakan, minim menggunakan plastik. Demi kampanye minim plastik, Puput (sapaan akrab Si Owner) sekaligus menjual barang- barang yang digunakan sehari-hari tetapi dengan bahan yang jauh lebih ramah lingkungan. 

Terbuat dari bahan-bahan yang bisa dipakai berulang kali, dan yang bisa terurai di alam. Misalnya : sikat gigi bambu, sedotan stainless, sisir bambu, gambas pengganti spons pencuci piring, gelas yang terbuat dari batok kelapa, dan lain-lain. Wah, bagi para pegiat zero waste (seperti saya), maka kehadiran PDP Shop & Food ini sangat membantu. Tak perlu lagi jauh-jauh beli bahan sehari-hari yang ramah lingkungan (khusus wilayah Kotamobagu dan sekitarnya). Di PDP Shop & Food ini juga tersedia Minyak Kelapa Kampung buatan Rumah Kelapa Motondag milik dari Irawan Awenk Paputungan. Saya pun beberapa tahun belakangan menggunakan produk VCO (Virgin Coconut Oil) buatan Rumah Kelapa Motondag.

Es Batmol

Minyak Kelapa Kampung MOTONDAG


Putri Damayanti Potabuga
 berharap, kehadiran PDP Shop & Food ini selain sebagai sarana memanjakan leher para pecinta kuliner, mengedukasi masyarakat agar lebih peduli lingkungan, pun agar konsep zero waste yang dilakukannya bisa diadopsi oleh restoran dan cafe lainnya. Hmmm kali ini, postingan review saya terkesan serius ya?hahaha. Jujur, membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menulis review ini. Bahkan ketika tulisan selesai pun harus berkali-kali saya edit sebelum upload ke blog, kenapa?. Tulisan saya harus style santai tapi tetap memiliki value, menyesuaikan dengan karakter Si Owner, hahaha.

Owner PDP Shop & Food


Sekian review kuliner kali ini, semoga bermanfaat dan Salam Leher Sedap !


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar