image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

TIPS PUASA, SEHAT BERENERGI


     Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis khusus tentang pola makan yang sudah lama saya jalani secara bertahap, yaitu pola makan Food Combining (ini pernah sedikit disinggung di tulisan blog saya tahun kemarin http://martikasandra.blogspot.co.id/2016/11/pre-training-teacher-30-hour-indonesia.html?m=1 )
     Berhubung momen saat ini Bulan Ramadhan, maka saya akan membagikan tips puasa berenergi ala FCers (sebutan untuk pelaku pola makan Food Combining) seperti saya hehehe. Pola makan ini bagi saya, cukup mendekati dengan pola makan ala Rasulullah SAW (sebagaimana yang saya jelaskan di link blog di atas).
     Menjalankan pola makan ini saat puasa tidak jauh berbeda dengan saat tidak berpuasa. Ketika bangun sahur, jeniper (jeruk nipis peras) tetap menjadi pembuka aktivitas. Setelah itu, berikan jeda 15 menit jika ingin minum air putih. Kemudian, berikan lagi jeda 10 menit sesaat sebelum mengkonsumsi buah atau sayuran. Sayuran yang dimaksud di sini adalah sayuran mentah yang di iris halus atau lebih dikenal dengan sebutan raw food (harus teliti dalam hal menyiapkan sayuran mentah ini ya, untuk mengurangi adanya residu yang masih tertinggal). Buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah segar asli, tanpa campuran sirup, susu ataupun yoghurt. Bisa juga buah dikreasikan menjadi smoothie atau jus (ingat ya, smoothie biasanya teksturnya lebih kental seperti bubur dan jus teksturnya lebih cair dengan sedikit ampas).
     Orang-orang pasti akan bertanya keheranan termasuk suami saya hehehe, apakah tidak merasa lemas sahur hanya dengan buah-buahan? :). Berdasarkan pengalaman saya selama ini, ketika saya puasa Senin Kamis dengan aktivitas ke kantor, jaga anak, kegiatan, belum lagi saya mengajar yoga, soal lapar sih memang wajarlah namanya juga berpuasa. Tapi, yang saya rasakan beda dengan ketika sahur makan makanan berat seperti nasi. Ketika sahur tanpa nasi atau makanan berat yang lain yang saya rasakan adalah tidak merasakan kantuk di pagi hari, tidak merasakan sebah di perut yang terasa kosong dan keinginan untuk makan tidak besar seperti ketika sahur dengan nasi apalagi lauk berbahan dasar santan. Saat berolahraga pun saya masih berenergi walaupun hari sudah sore. Hal yang membuat saya sangat jatuh cinta dengan pola makan ini adalah, sarapan ringan (buah-buahan ataupun sayur). Yang sangat diuntungkan di sini adalah anda yang bekerja di kantor atau aktivitas lainnya. Anda tidak akan merasakan kantuk di pagi hari ketika sarapan buah-buahan, saat memasuki siang hari pun yang ada anda merasakan energi yang prima. Saat puasa juga sebaiknya kurangi protein hewani semisal daging dalam menu anda. Untuk menghindari beratnya kerja pencernaan yang justru diringankan selama bulan Ramadhan. Hanya saja bagi yang belum terbiasa, atau masih merasa kurang yakin apakah akan mampu bertahan sepanjang hari hanya dengan buah atau sayur. Boleh untuk makan nasi, asalkan 30 menit sebelumnya dahului dengan buah.
     Berpuasa yang dibarengi dengan olahraga low impact seperti yoga misalnya, akan memberikan keuntungan 2x lipat dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Gerakan yoga yang perlahan namun teratur diiringi nafas yang konsisten, memaksimalkan proses detoks melalui keringat ataupun angin yang keluar dari dalam tubuh. Saya sarankan anda berolahraga yoga di sore hari 3 jam sebelum berbuka puasa. Namun, bisa dilakukan sesudah sholat shubuh jika anda praktisi yoga yang sudah cukup lama.
     Saat berbuka puasa, awali dengan air putih. Sepuluh menit kemudian isi perut anda dengan makanan manis dan ringan seperti buah-buahan. Manis yang dimaksud di sini adalah manis alami bukan manis buatan atau manis gula. Setelah mengkonsumsi buah, sekitar 30 menit kemudian baru makan makanan berat seperti nasi, dll.
     Berpuasa dengan pola makan ini dibarengi olahraga, akan mendatangkan manfaat spiritual. Itulah sebabnya Rasulullah menganjurkan untuk berpuasa dan makan dengan tidak berlebih-lebihan. Bagi saya, asalkan porsi makan anda besar imbangilah dengan olahraga untuk mencegah terjadinya penimbunan hal-hal yang berlebihan di tubuh anda. Karena Anda adalah Apa yang Anda makan, you are is what you eat.
     Well, demikian tips puasa berenergi. Semoga bermanfaat.
Oleh : Martika Sandra

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar