image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

Resolusi 2018 : Gaya Hidup



Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya (lifestyle-awan). Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah bergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya (Wikipedia). Gaya hidup adalah cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya (Plummer, 1083).
Gaya hidup adalah hal yang paling berpengaruh pada sikap dan perilaku seseorang dalam hubungannya dengan 3 hal utama dalam kehidupan yaitu pekerjaan, persahabatan, dan cinta (Adler dalam Hall & Lindzey, 1985). Salah satu faktor yang mempengaruhi gaya hidup adalah konsep diri.
Dari beberapa pengertian gaya hidup di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya hidup merupakan kebutuhan sekunder yang berkaitan dengan minat dan citra diri seseorang. Masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya tentang resolusi di tahun 2018, maka perubahan yang ingin dicapai di tahun yang akan datang terutama dalam hal gaya hidup adalah sebagai berikut :
1.         Melakukan kegiatan sesuai prioritas dan tujuan hidup
Semakin bertambah usia, semakin paham tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Meski demikian, terkadang di luar kendali kerapkali melakukan sesuatu berada di luar jalur yang seharusnya yang sudah direncanakan matang. Penyebabnya karena faktor kondisi atau situasi yang mendukung bisa dikatakan situasi yang sangat menggoda untuk dilanggar.

Misalnya : pulang bekerja tak ada rencana untuk pergi ke tempat makan hits, namun karena ada teman yang mentraktir apa boleh buat luluhlah komitmen yang direncanakan yang pada awalnya untuk mengisi agenda lain. Nah, hal inilah yang harus diperbaiki di tahun yang akan datang sehingga disiplin pada jadwal bisa terealisasi.

2.         Kurangi hal-hal yang tidak penting atau tidak sesuai tujuan hidup
Catat hal-hal yang penting yang harus dilakukan, baik yang belum pernah ataupun yang sudah pernah dilakukan. Catat juga hal-hal tidak penting yang sering dilakukan yang tidak sesuai dengan tujuan jangka pendek. Dengan mencatat  bisa terbaca sesungguhnya hari yang kita jalani lebih banyak diisi dengan hal yang bermanfaat sesuai tujuan hidup atau tidak.

3.         Kurangi nafsu belanja hanya karena lapar mata
Dan inilah yang menjadi masalah klasik seluruh perempuan di dunia. Menghindari godaan konsumtif adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, apalagi serangan diskon bertubi-tubi. Saat berhadapan dengan diskon, segala apapun yang terlihat menjadi penting. Anehnya ketika sampai di rumah, menjadi sadar bahwa ternyata apa yang dibeli sama sekali hanya menjadikan tong sampah dalam rumah semakin penuh, tidak berguna.

#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar