image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

Tanah Tempat Mencari Nafkah (2) : Budaya Kesenian






Beragam budaya kesenian Suku Bolaang Mongondow yang tersebar di lima wilayah pemekarannya. Budaya kesenian tersebut antara lain berupa rumah adat, alat musik dan tari-tarian. Satu per-satu dibahsa secara singkat di bawah ini :

  1. Rumah adat
Rumah tempat tinggal di Bolaang Mongondow berbentuk rumah panggung dengan sebuah tangga di depan dan sebuah di belakang.

  1. Alat musik
Ada banyak musik tradisional yang pernah ada di daerah ini sayangnya banyak yang sudah punah. Beberapa aat musik khas daerah ini adalah : kantung, rababo, tantabua, bansi’, oli-oli, dadalo, bolontung, gimbal, gandang, gulintang, dan kulintang.

  1. Tari-tarian
Beberapa tarian yang ada di BolaANG Mongondow antara lain : tari Tayo, Tari Joke, Tari Mosau, Tari Ronko, Tari Tuitan, Tari Kalibombnag, Tari Pomamaan, Tari Monugal, Tari Mokoyout, Tari Kikoyog, Tari Mokosambe, dan yang paling terkenal adalah Tari Kabela.

Setelah menulis ini penulis jadi penasaran dan ingin mengetahui terutama seperti apakah berbagai macam tarian khas daerah ini. Sebab penulis hanya tahu dan sangat hafal satu tarian saja yaitu Tari Kabela karena sering ditampilkan setiap acara penjemputan tamu dalam acara resmi maupun pesta. Dengan mengenal warisan budaya leluhur antara lain kesenian, kita tidak akan kehilangan identitas diri.


(Martika Sandra)

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar