image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

Tanah Tempat Mencari Nafkah (1) : Asal-usul





Jauh di Utara Pulau Sulawesi diapit oleh Provinsi Gorontalo dan sebagian Minahasa Utara, terdapat sebuah suku yang dinamakan Suku Bolaang Mongondow yang terletak di wilayah Bolaang Mongondow. Wilayah ini meliputi 50-an % luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Pada tahun 1958 resmi bergabung ke dalam Indonesia dan menjadi Kabupaten Bolaang Mongondow.

Secara etimologi Bolaang Mongondow mempunyai makna kata tersendiri yaitu nama Bolaang berasal dari kata “Bolango” yang artinya laut, perkampungan yanga da di laut Sedangkan nama Mongondow berasal dari kata “Momondow” yang artinya berseru tanda kemenangan, perkampungan yang ada di hutan atau gunung. Arti filosofisnya Bolaang Mongondow adalah wilayah yang mempunyai kekuatan laut dan daratan. Secara geografis juga

Bahasa penduduk asli di daerah ini adalah Bahasa Mongondow dan bahasa Melayu sehari-hari. Suku ini meyakini bahwa mereka pada awalnya berasal dari keturunan Gumalangit (turun dari langit) dan Tendeduata (putri dari dewa) serta Tumotoibokol (meniti dari ombak) dan Tumotoibokat (keluar dari pecahan ombak). Mereka bermukim di Gunung Komasaan. Keturunannya menyebar ke timur Tudu in Lombagin, Tudu in Passi, Tudu in Lolayan, Tudu in Sia, dan Tudu in Bumbungon. Saat itu mereka belum mengenal sistem bercocok tanam dan sistem pertanian. Mereka bertahan hidup dengan berburu, mengolah sagu , menangkap ikan dan mencari umbi hutan. Suku Mongondow terbagi atas sub suku yaitu : Mongondow, Bolaang Uki, Kaidipang Besar dan Bintauna.  
          
Setiap wilayah memiliki pemimpin yang dinamakan Bogani (gagah dan berani). Menjelang abad ke-XIV sampai abad ke-XIX wilayah Bolaang Mongondow berbentuk kerajaan-kerajaan di bawah pengaruh kekuasaan Belanda dan Jepang. Hingga akhirnya bergabung dengan Indonesia dan menjadi Kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun 1958. 

Pada Tahun 2007 wilayah Bolaang Mongondow satu per satu mengalami pemekaran. Terbagi menjadi 5 wilayah pemekaran yaitu Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Induk, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.


(Martika Sandra) 


 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar