image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

From Kepo to Pro




Beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan Mei 2017, salah satu komunitas penulis yaitu Komunitas Kata Tulisan mengadakan Talkshow perdananya setelah sebelumnya melalui beberapa kali pertemuan dan rapat kecil yang diadakan dalam rentang waktu kurang lebih lima minggu. Terinspirasi dari semakin banyaknya pengguna Instagram, hobby mengupload foto-foto pribadi entah itu foto liburan, foto selfie, foto kuliner, dll.  Selain itu berangkat dari niat para mimin dan momod Kata Tulisan yang ingin memotivasi dan berbagi tentang dunia literasi khususnya menulis di bumi Totabuan khususnya Kota Kotamobagu.

Kegiatan ini melibatkan dua komunitas yaitu komunitas penulis dan komunitas fotografi. Komunitas Kata Tulisan mengajak Komunitas Insta Nusantara Manado dalam Talkshow ini. Kebetulan momod satu-satunya Kata Tulisan yaitu momod Iswahyudi Masloman yang juga adalah Ketua Insta Nusantara Manado. Talkshow diadakan di salah satu Café di Kelurahan Mongkonai, Kota Kotamobagu. Talkshow yang terbuka untuk umum dan sama sekali tidak dipungut biaya ini membahas empat materi yaitu :

  1. Menumbuhkan Minat Menulis Lewat Caption Instagram (dibawakan oleh Iswahyudi Masloman).
  2. Mengenal Tekhnik Self-editing (oleh Titi Nurmala Kekenusa).
  3. Trik Mendesain Cover Buku ( oleh Martika Sandra Raupu).
  4. Mempromosikan Tulisan Lewat Wattpad (oleh Thelma Paputungan).



Dihadiri oleh komunitas Insta Nusantara Manado, Komunitas Hijabers Kotamobagu, Forum Lingkar Pena Kotamobagu, pelajar dan masyarakat umum. Talkshow berlangsung cukup seru dengan beberapa pertanyaan dari para hadirin dan diakhiri dengan pertanyaan dari pemateri yang jika dijawab dengan benar oleh peserta, akan mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan sebelumnya oleh penyelenggara Talkshow.

Selama acara berlangsung juga, Insta Nusantara Manado mengadakan Challenge foto HI. Sehingga sebagai penyelenggara Talkshow juga sebenarnya tidak perlu repot untuk urusan dokumentasi karena ada banyak tangan-tangan yang mengabadikan momen sore itu, hehehe.


Kami berharap akan lebih banyak lagi kegiatan seperti ini di Bumi Totabuan tercinta sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang mencintai dunia literasi yang senang berbagi kebaikan melalui sebuah tulisan. Sebagaimana judul Talkshow “From Kepo to Pro”, dari rasa ingin tahu yang muncul kemudian mengenal, lalu pro mencintai dunia literasi khususnya menulis. Salah satu manfaat menulis lainnya adalah bisa melestarikan dan mengenalkan budaya daerah kepada dunia luas melalui tulisan. Masih banyak mimpi kami mimin dan momod Kata Tulisan demi menyebarluaskan dan mengajak orang lain untuk bersama-sama dengan kami membangun dunia literasi di daerah kami tercinta khususnya dan di Indonesia bahkan dunia.  Semoga Allah meridhoi niat kami, aamiin ya rabbal ‘aalamiin. 


Mimin dan Momod Kata Tulisan

Komunitas Kata Tulisan, Forum Lingkar Pena Kotamobagu,
dan sebagian Komunitas Insta Nusantara Manado




Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar