image1 image2 image3

HI! I'M MARTIKA SANDRA|THE EL-GHAZY'S MOM|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M GLAD YOU ARE VISITING HERE

Cara Alami Atasi Tenggorokan Gatal dan Sakit





Cuaca yang tidak menentu, aktivitas yang tinggi, ditambah asupan makanan yang kurang seimbang, mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap virus. Terutama jika batuk, pilek dan demam datang menyerang, tidak memandang usia. Akibatnya aktivitas pun menjadi terganggu, mood menjadi labil karena tubuh terasa tidak nyaman. Demam hanya membuat tubuh diam, namun batuk membuat orang menjadi sangat tidak nyaman. Apalagi biasanya batuk akan semakin menjadi, ketika malam hari saat tubuh butuh istirahat.

Radang yang terjadi di bagian tenggorokanlah penyebabnya, mengakibatkan rasa gatal dan sakit di sekitar area tersebut. Bagi orang dewasa mungkin sudah biasa bertahan dengan kondisi seperti itu. Namun bagi anak-anak terutama balita, hal tersebut benar-benar sangat mengganggu dan tidak jarang membuat mereka merengek di malam hari. Sebelum membiasakan tubuh anda atau tubuh anak anda mengkonsumsi obat-obatan kimia, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemui di dapur anda.

Ini ramuan andalan saya di rumah untuk anak-anak, untuk diri sendiri maupun untuk keluarga di rumah. Asalkan demam baru dua hari, ramuan ini sudah bisa dikonsumsi. Sebaiknya jangan menunggu lebih dari satu minggu untuk mengkonsumsi. Buka kembali kulkas anda, dan mari kita cari bahan-bahan di bawah ini. Siapkan piring, sendok, saringan teh, parutan keju dan gelas.

Bahan :
1.       Kunyit seukuran 2 ruas jari (sebaiknya yang berwarna oranye tua)
2.       Jeruk nipis seukuran bola ping pong (sebaiknya yang kulitnya berwarna kuning, bukan hijau)
3.       Madu syamil 2 sdm

Cara Membuat :
1.      Cuci bersih kunyit dari tanah yang menempel, lalu kupas.
2.      Cuci kembali kunyit dengan air mentah, kemudian cuci kembali dengan air masak.
3.     Parut kunyit di atas piring. Kemudian segera cuci tangan anda untuk mengurangi efek perubahan warna di kulit jari dan kuku.
4.      Potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Ambil setengah bagian dan keluarkan bijinya. Peras jeruk nipis di atas gelas kecil.
5.    Masukkan parutan kunyit tadi di dalam gelas berisi perasan jeruk nipis, aduk dengan sendok.
6.       Saring air campuran jeruk nipis dan kunyit di gelas yang lainnya.
7.      Masukkan 2 sendok makan madu syamil ke dalam gelas berisi air perasan jeruk nipis dan kunyit.
8.      Aduk ketiga bahan tadi kemudian segera minum, cukup 1 sendok makan.
9.      Ulangi sehari sebanyak 3 kali.
10.   Ramuan masih bisa digunakan selama 2 hari, dengan kondisi gelas tertutup rapat.


Demikian tips mengatasi tenggorokan gatal dan sakit ala The eL-ghazy’s Mom. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mencegah datangnya batuk dan pilek. Semoga bermanfaat.



Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar